Pohon memiliki fungsi vital bagi tempat tinggal makhluk hidup dan menjaga kelangsungan kehidupan di bumi. Tak hanya membuat udara menjadi segar, menanam pohon juga baik untuk mencegah stres hingga penyakit pernapasan akut. Dilansir dari sehatq, berikut 5 manfaat menanam pohon bagi kesehatan dan lingkungan:

Udara menjadi lebih segar
Pohon menyegarkan udara dengan menyerap karbon dioksida dan gas-gas beracun lainnya di udara, serta menghasilkan oksigen.

Mencegah bencana alam
Pohon menahan tekanan air dari hujan lebat sehingga meminimalisasi longsor. Selain itu, menanam pohon di sekitar bantaran sungai juga bisa mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen.

Kurangi paparan sinar UV
Paparan sinar matahari ke kulit secara terus menerus dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Pohon mengurangi paparan sinar UV sebanyak 50 persen dan turunkan risiko terjadi kanker.

Kurangi dampak perubahan iklim
Pohon menyerap karbon dioksida yang menjadi salah satu penyebab perubahan iklim.

Menjaga populasi makhluk hidup
Pohon merupakan rumah bagi puluhan bahkan ratusan jenis makhluk hidup, seperti burung, serangga, reptil, hingga tumbuh-tumbuhan lainnya. Hilangnya pohon bisa membuat makhluk hidup kehilangan rumah yang berdampak pada kepunahan dan kelangkaan fauna.

Sumber foto:

Freepik

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.

Menanam Pohon Hadirkan 5 Manfaat Ini bagi Lingkungan dan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *