Kesemutan biasanya menimbulkan rasa seperti menusuk atau nyeri disertai kebas, dan sensasi terbakar. Tangan yang kesemutan biasanya disebabkan oleh sesuatu yang salah pada sistem saraf. Berikut adalah berbagai penyebab tangan kesemutan:

Radikulopati
Terjadi ketika ada saraf terjepit, biasanya di sumsum tulang belakang, yang sebabkan berbagai gejala, termasuk kesemutan. Titik yang mengalami radikulopati tergantung pada saraf apa yang terjepit.

Infeksi 
Menurut ahli saraf Kelsey Satkowiak, segala macam infeksi virus bisa menyebabkan tangan kesemutan. Jika kesemutan disebabkan oleh infeksi virus, seseorang mungkin mengalami gejala lain seperti demam, menggigil, batuk, atau mual.

Gangguan neurologis
Disfungsi pada sistem saraf pusat, termasuk otak, dapat sebabkan sensasi kesemutan. Misalnya adalah Parsonage-Turner Syndrome, kondisi neurologis yang datang setelah infeksi virus. Kondisi ini bisa sebabkan kesemutan yang disertai rasa sakit di leher, bahu, dan pergelangan tangan.

Neuropati diabetik
Sebabkan kesemutan pada jari, seringkali disertai dengan mati rasa yang tidak kunjung hilang. Neuropati atau kerusakan saraf paling sering terjadi pada penderita diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol dengan baik.

Sumber foto:

Freepik

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.

Tangan Sering Kesemutan? Ketahui 4 Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.