KARANGASEM, KOMPAS TV – Bunga Rosella sudah cukup dikenal sebagai salah satu bahan membuat teh herbal. Ternyata selain bunga, biji bunga Rosella juga diolah menjadi bubuk kopi yang bisa diseduh dan diminum layaknya kopi pada umumnya. Di tangan I Nyoman Musna Antara, warga Banjar Dinas Penginyahan, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem Bali, biji bunga Rosella diolah menjadi kopi yang tidak mengandung kafein. Sehingga cocok menjadi salah satu alternatif bagi warga yang menderita diabetes, asam lambung dan hipertensi. Rasanya pun tidak jauh beda dengan kopi pada umumnya. Kopi biji bunga Rosella juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang bisa menghaluskan kulit.

Proses pembuatan kopi biji bunga Rosella ini terbilang cukup sederhana. Dimana pisahkan kelopak bunga dengan biji Rosella, kemudian biji bunga Rosella dijemur selama 3 hari, sehingga benar-benar kering. Setelah itu biji bunga Rosella disangrai lalu digiling hingga menjadi bubuk kopi. Selanjutnya dikemas sesuai ukuran. Berawal dari banyak biji rosella yang dimiliki karena kelopaknya dijadikan teh, mencoba mencari di media sosial dan bisa dijadikan alat kecantikan serta kopi yang memiliki banyak khasiat.

Sementara itu salah satu penikmat kopi Rosella mengaku sebelumnya menderita maag kronis, namun setelah mencoba kopi bunga Rosella, sangat bagus selain itu rasanya juga enak.

Kini usaha kopi Rosella yang diproduksi setahun lalu, sudah dijual pada sejumlah daerah di Bali. Untuk satu bungkus dengan berat dua ratus gram dijual 20 ribu rupiah.

#kopirosella #bungarosella #karangasem

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/328935/nikmatnya-kopi-rosella-dengan-khasiat-kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *