MALANG, KOMPAS.TV 5 orang mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur membuat inovasi makanan sehat, berupa biskuit dari porang.

Kelima mahasiswa itu adalah Ahmad Talkhis, Nabila Alya Anastasya, Farida Luthfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat.

Mereka memberi inovasi makanan sehat itu dengan nama Amora Pregnancy Biscuit, karena ampuh mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Selain itu, biskuit porang menjadi sumber energi jangka panjang dan menengah bagi ibu hamil. Karena memiliki kadar glukomanan cukup tinggi dan kandungan senyawa polisakarida.

Biskuit porang menjadi solusi bagi hamil yang sering mual, muntah dan mengalami susah makan. Dengan mengonsumsi biskuit itu, ibu hamil akan merasakan kenyang cukup lama dan tidak mudah mual serta muntah. Biskuit porang juga bagus untuk penderita kolesterol dan diabetes.

Baca Juga Rendah Kalori, Karbohidrat dan Gula, Jokowi Sebut Porang Makanan Masa Depan di https://www.kompas.tv/article/206019/rendah-kalori-karbohidrat-dan-gula-jokowi-sebut-porang-makanan-masa-depan

Salah satu inovator biskuit porang, Ahmad Talkhis berharap inovasi itu dapat meningkatkan harga jual porang dan membantu petani dalam menggali lebih jauh manfaat porang.

“Selama ini, pemanfaatan porang di Indonesia masih sangat minim, padahal kalau dilihat manfaatnya sangat kaya, kandungan serat dan berbagai manfaat untuk penderita kolesterol diabetes,” tambah Ahmad Talkhis.

Produksi biskuit porang akan dilakukan secara massif. Sejauh ini masih sangat terbatas dan dijual dengan harga 20 ribu rupiah untuk satu kemasan.

Baca Juga Porang atau Beras, Mana yang Lebih Kaya Akan Gizi? di https://www.kompas.tv/article/204563/porang-atau-beras-mana-yang-lebih-kaya-akan-gizi

Biskuit porang terpilih menjadi salah satu inovasi terbaik program kreativitas mahasiswa yang digelar oleh Kemenristek Dikti RI dan berhasil mendapatkan medali perak pada ajang Korea International Women’s Invention Exposition 2021 (KIWIE) di Korea Selatan.

#BiskuitPorang #UniversitasBrawijayaMalang #IbuHamil

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/212791/mahasiswa-ub-malang-ciptakan-biskuit-dari-porang-baik-untuk-ibu-hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *