MALANG, KOMPAS.TV-Kondisi pria dengan berat badan 275 kilogram di Kota Malang, Dwi Ariesta Wardhana (38) yang beberapa hari lalu terjatuh bersama lift dirumahnya, kini membaik.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter spesialis ortopedi RSUD Dr Saiful Anwar Malang, Agung Riyanto Budi Santoso, yang menangani Aries.

Kondisi Aries disebut sudah stabil dan menjalani perawatan di ruang reguler. Sebelumnya pihak rumah sakit sudah melakukan operasi darurat pada bagian pergelangan kaki sebelah kiri, yang mengalami patah tulang dengan lengan terbuka.

Namun untuk operasi lutut dan pergelangan kaki kanan, harus menunggu hasil laboratorium, terkait kondisi diabetes pasien.

Kasus yang dialami oleh Aries, dengan kondisi berat badan pasien yang berlebih dan membutuhkan tindakan operasi, merupakan pertama kalinya di RSUD Dr Saiful Anwar Malang.

“Secara garis besar sudah membaik, sudah stabil. Sekarang perawatan di ruang reguler. Rencananya minggu depan akan kita lakukan operasi. Selama penyakit dalam dan gizi sudah menyetujui, bisa dilakukan tindakan operasi” terang Agung, Rabu (11/05/2022).

Sementara itu ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Leny Budhi Harti, mengatakan bahwa diabetes adalah penyakit serius yang bisa dicegah, melalui manajemen pola makan dan olahraga.

Leny mencontohkan pengaturan konsumsi gula garam dan lemak per harinya, bisa dilakukan sesuai rekomendasi Kemenkes.

“Maksimal per harinya gula empat sendok makan, minyak maksimal lima sendok makan, dan garam maksimal satu sendok teh. Selain itu konsumsi banyak sayur dan buah, kemudian aktifitas fisik teratur. Selama 150 menit dalam satu minggu” kata Leny pada Kompas TV.

Sebelumnya seorang pria warga Arjowinangun Kota Malang, terjatuh dari lift karena sling lift putus pada Sabtu (07/05/2022).

Korban dengan bobot 265 kg sehari-harinya beraktifitas menggunakan lift, karena kesulitan untuk naik turun tangga.

Evakuasi korban berlangsung dramatis dan sulit, memakan waktu hingga tiga jam.

#pria275kg #jatuhdarilift

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/287784/kondisi-pria-275-kg-yang-jatuh-bersama-lift-di-kota-malang-membaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *