KOMPAS.TV – Setiap 14 November, diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Taukah Anda, jika Indonesia termasuk salah satu negara dengan kasus tak terdeteksi untuk diabetes sedunia? Data International Diabetes Federation (IDF) menyebut Indonesia negara tertinggi ke-5 dunia dengan kasus diabetes tidak terdiagnosis.

Data ini pun diakui oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Bahkan kasus diabetes disebut seperti fenomena gunung es, yang bahkan menyerang anak-anak.

Kasus diabetes tak terdiagnosis di Indonesia nomor 5 di dunia. Peringkat pertama adalah Tiongkok atau China dengan 65 juta kasus, disusul India 44 juta kasus, peringkat ketiga, Amerika Serikat hampir 12 juta kasus, kemudian sebelum Indonesia adalah Pakistan dengan 8,5 juta kasus.

Risiko penyakit diabetes, tak melulu akibat bawaan genetik. Namun bisa ditimbulkan akibat pola makan sehari-hari dalam jangka panjang.

Baca Juga Hati-Hati! Segera ke Dokter Jika Penderita Diabetes Mendadak Sakit Berat di https://www.kompas.tv/article/231574/hati-hati-segera-ke-dokter-jika-penderita-diabetes-mendadak-sakit-berat

Lalu apa saja gejala penyakit diabetes? Berikut di antaranya, pertama, sering merasa sangat haus. Sering buang air kecil terutama malam hari, kemudian seriang merasa sangat lelah padahal tak melakukan apapun.

Ke-4, kehilangan berat badan secara drastis dan ke-5 sariawan yang terus terjadi. Juga, luka yang tak pernah sembuh.

Jika Anda merasa memiliki mayoritas dari gejala-gejala tersebut. Maka segeralah ke dokter, agar jika memang ada risiko penyakit kadar gula darah tinggi tersebut dapat terdeteksi sejak dini.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/231828/kasus-penyakit-diabetes-tak-terdiagnosis-di-indonesia-nomor-5-di-dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.