Penuaan pada tubuh manusia dapat dicegah dengan berbagai cara, seperti berolahraga dan menjaga pola makan setiap hari. Dilansir dari Reader's Digest, berikut 5 jenis makanan yang dianggap dapat mencegah penuaan: 

Kacang polong
Konsumsi kacang polong dapat memperlambat penuaan pada tingkat sel. Menurut studi yang diterbitkan di BMJ, kandungan serat dan antioksidan di dalam kacang polong dianggap bermanfaat untuk mencegah penuaan. 

Walnut
Studi yang dipublikasikan di BMC Medicine menunjukkan orang yang mengonsumsi kacang-kacangan, terutama walnut sebanyak 3 kali seminggu atau lebih akan memperpanjang umurnya sekitar 2-3 tahun. Selain itu, konsumsi kacang walnut juga mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung secara signifikan.

Wortel
Studi oleh Universitas Glasgow menemukan bahwa karotenoid yang memberi warna oranye terang pada wortel bisa memperlambat proses penuaan. 

Ikan sarden
Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kandungan asam lemak Omega-3 dalam ikan sarden dapat bermanfaat untuk memperpanjang umur. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Kelapa
Menurut sebuah studi oleh University of Copenhagen, asam lemak rantai menengah dalam kelapa dapat perlambat penuaan otak dengan melindungi DNA dari kerusakan.

Sumber foto:

Freepik

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.
Cegah Penuaan pada Tubuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.