[videojs dailymotion =”https://www.dailymotion.com/video/x806kag”]
Kerja di depan komputer emang keliatan enak sih, tapi kalo dilakukan kelamaan dan terus-menerus justru menyebabkan banyak masalah kesehatan lho! Bukan hanya untuk tulang belakang, tapi juga bisa mengganggu kesehatan dari mata kalian.

Dikutip dari situs MakeUseOf, berikut 5 masalah kesehatan yang dapat kalian alami jika terlalu lama berada di depan komputer.

1. Sirkulasi Darah Terganggu

Efeknya bisa bikin diabetes, berat badan naik atau bahkan jantung lho, Gang!

Maka dari itu, istirahatlah minimal 5 menit setiap jam. Bisa dengan renggangin badan, jalan-jalan dikit, dan kerja di meja yang berdiri biar gak duduk terus.

2. Postur Badan yang Buruk

Efeknya bisa bikin nyeri nyeri di badan, seperti sakit di bagian punggung, pundak dan leher.

Makanya posisinya harus bener, Gang. Atur posisi monitor supaya sejajar dengan mata dan jaraknya sesuai panjang lengan. Trus gunakan kursi ergonomis dan duduk menyender 135 derajat supaya tulang belakangnya rileks.

3. Repetitive Strain Injury

Diakibatkan karena gerakan berulang yang dapat merusak tendon, syaraf, otot, dan jaringan tubuh lainnya. Jika kalian pernah dengar Carpal Tunnel Syndrome, maka gangguan tersebut diakibatkan oleh kegiatan repetitif, seperti bekerja di depan komputer, Gang.

Untuk pencegahannya, tetap ikuti cara-cara tadi, kayak renggangin badan, posisi yang bener, rileksin otot otot, sama yang penting jaga supaya tangan tetap hangat.

4. Merusak Mata

Udah banyak orang yang menderita sakit akibat terlalu lama menatap layar monitor. Mulai dari sakit mata, sakit kepala, pandangan buram, pedih, gatal, atau mata berair.

Makanya, layarnya jangan sampai bikin silau mata ya, Gang. Atur jaraknya sejauh lengan aja. Banyak banyakin ngedip. Ikuti aturan 20/20/20, yaitu setiap 20 menit pandanglah benda dari jarak 20 kaki selama 20 detik.

5. Depresi Karena Kurang Bersosialisasi

Yoi, Gang, jangan sampe keasikan depan komputer trus malah gak bersosialisasi. Pernah jadi ngerasa jauh sama temen sampe ga sempet makan siang bareng? Nah itu yg bisa bikin orang gelisah lalu depresi.

Makanya rajin minum air putih biar rileks. Pas makan siang, makan aja bareng temen temen, kerjaannya ditinggal sebentar dan jangan lupa interaksi sama teman..

Udah sadar kan, Gang, kalo semua hal yang berlebihan itu gak baik? Maka dari itu, jangan lupa untuk berinteraksi dengan sekitar dan terus melakukan peregangan secara rutin ya!

Jika kalian punya cerita tentang masalah kesehatan akibat terlalu lama di depan komputer atau cara pencegahan jitu lainnya, langsung share aja di kolom komentar ya. Saksikan juga video-video JalanTikus yang lainnya. Thank you, Gang!

===================================================

Subscribe : https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Sumber : https://jalantikus.com/tips/5-masalah-kesehatan-di-depan-komputer/

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *